Sabtu, 15 April 2017

wlipurn



MEDIA SOSIAL
Dengan berkembangnya teknologi, media promosi semakin bertambah salah satunya melalu media internetdengan menggunakan media ini perusahaan tidak membutuhkan banyak biaya untuk mempromosikan produk, jangkauannya pun lebih luas.
            Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568), media sosial merupakan sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video dengan satu sama laindan dengan perusahaan dan sebaliknya. Sedangkan, definisi lain mengenai sosial media menurut Henderi, Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graha (2007:02), media sosial adalah situs jaringan sosial seperti layanan bebasis web yang memungkinkan individu untuk membangun profil publik atau semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi merekayang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.
            Menurut Wikipedia, media sosial adalah alat berbasis computer yang memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar atau video dalam komunitas jaringan virtual.
Sosial media adalah fitur bebasis website yang dapat membentuk jaringan serta memungkinkan orang berinteraksi dalam sebuah komunitas. Pada sosial media kita dapat melakukan berbagai bentuk pertukaran, kolaborasi dan saling berkenalan dalam bentuk tulisan visual maupun audiovisual. Contohnya seperti twitter, facebook, log, forsquare, dan lainnya (puntoadi, 2011 : 1).
Sosial media merupakan sarana pertukaran informasi antar individu dan dapat digunakan juga sebagai sarana promosi perusahaan.
a.       Manfaat Media Sosial
Menurut Puntoadi (2011:5) penggunaan sosial media berfungsi sebagai berikut:
1.      Keunggulan membangun personal branding melalui media sosial adalah tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audienslah yang akan menentukan. Berbagai sosial media dapat menjadi media untuk orang berkomunikasi, berdiskusi bahkan mendapatkan popularitas di sosial media. (Puntoadi, 2011:6)
2.      Sosial media memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan konsumen, dapat menjadi media untuk membentuk komunitas online. Sosial media dapat menjadi bagian keseluruhan e-marketing strategy yang digabungkan melalui media sosial lainnya. Serta sebagai jalan menemukan atau menciptakan para brand evangelist. Sosial media memberikan peluang masuk komunitas yang telah ada sbelumnya dan memberikan kesempatan mendapatkan feedback secara langsung (Puntoadi, 2011 :21-31).
Media sosial merupakan sarana penyampaian informasi baik antar orang dan kelompok berdasarkan pengalamannya, dan dengan penggunaan sosial media dapat mempermudah proses penyampaian informasi tersebutdalam waktu yang lebih cepat dan lebih personal.
b. Macam-macam Media Sosial
Menurut Kotler dan Keller (2012:568-570). Ada tiga plafon utama untuk media sosial :
1.      Online Communitis And Forums
Komunitas online dan forum datang dalam segala bentuk dan ukuran. Banyak yang dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa bunga komersial atau afiliasi perusahaan. Sebagian disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan dengan satu sama lain melaui posting, massaging, dan chatting  diskuti tentang minat khusus yang berhubungan dngan produk perusahaan dan merek.
2.      Blog
Ada tiga juta pengguna blog dan mereka sangat bervariasi, beberapa pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, lainnya dirancang untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
3.      Social Network
Jaringan sosial telah menjadi kekuatan penting baik dalam bisnis ke konsumen dan pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya Facebook, Twitter, Blackberry Masseger, dll. Jaringan yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.
Selain itu, menurut Puntoadi (2011:34) beberapa media sosial adalah Bookmarking, Content Sharing, Wiki, Flickr, Connecting, Creating-opinion, dan Blog.
1)      Bookmarking
Berbagai alamat website yang menurut pengguna bookmark sharing menarik meinat mereka social bookmarking memberikan kesempatan untuk share berbagai link dan tag yang mereka minati, hal ini bertujuan agar lebih banyak orang yang menikmati apa yang kita sukai. Beberapa contoh bookmarking site yakni, www.dig.com.
2)      Content Sharing
Melalui situs-situs ontent sharing orang-orang menciptakan berbagai media dan publikasinya dengan tujuan berbagi kepada orang lain. Youtube dan Filckr yang sering dikunjungi oleh khalayak.
3)      Wiki
Beberapa situs wiki yeng memiliki karakteristik yang berbeda seperti Wikipedia yang merupakan situs knowledge.
4)      Flickr
Flickr dapat dijadikan sebagai “photo catalog” bagi produk yang ingin dipasarkan.
5)      Social Networking
Aktiviskan yang menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh situs tertentuuntuk menjalin hubungan, interaksi dengan sesama. Situs social networking adalah Facebook, MySpace, Linkedin.
6)      Creating-opinion
Media sosial yang memberikan sarana yang berbagi opini dengan orang lain di seluruh dunia.
Berbagai jenis sosial media yang biasa digunakan sebagai saran promosi, dapat menjangkau masyarakat luas.
c. Keunggulan Media Sosial
            Media sosial memiliki kelebihan untuk bookmarking, content and sharing, dan creating opinion. Untuk jenis media soisal seperti instagram dapat menciptakan serta menggerakan komunitas serta dapat menguji reaksi pasar.
Keunggulan lain dari berpromosi melalui instagram adalah adanya fitur tag. Fitur ini membuat followers memperoleh informasi tentang produk yang dipasarkan secara langsung.

d. Berikut ini 14 Tips Berinternet Secara Cerdas:

  1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.
  2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.
  3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.
  4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.
  5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.
  6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.
  7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.
  8. Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.
  9. Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.
  10. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.
  11. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.
  12. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.
  13. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.
  14. Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar