MEDIA SOSIAL
Dengan berkembangnya
teknologi, media promosi semakin bertambah salah satunya melalu media
internetdengan menggunakan media ini perusahaan tidak membutuhkan banyak biaya
untuk mempromosikan produk, jangkauannya pun lebih luas.
Menurut
Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568), media sosial merupakan sarana bagi
konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video dengan satu
sama laindan dengan perusahaan dan sebaliknya. Sedangkan, definisi lain
mengenai sosial media menurut Henderi, Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graha
(2007:02), media sosial adalah situs jaringan sosial seperti layanan bebasis
web yang memungkinkan individu untuk membangun profil publik atau semi publik
dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan
melihat dan menjelajahi daftar koneksi merekayang dibuat oleh orang lain dengan
suatu sistem.
Menurut
Wikipedia, media sosial adalah alat berbasis computer yang memungkinkan orang
untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar atau video
dalam komunitas jaringan virtual.
Sosial media adalah fitur
bebasis website yang dapat membentuk
jaringan serta memungkinkan orang berinteraksi dalam sebuah komunitas. Pada
sosial media kita dapat melakukan berbagai bentuk pertukaran, kolaborasi dan
saling berkenalan dalam bentuk tulisan visual maupun audiovisual. Contohnya
seperti twitter, facebook, log,
forsquare, dan lainnya (puntoadi, 2011 : 1).
Sosial media merupakan
sarana pertukaran informasi antar individu dan dapat digunakan juga sebagai
sarana promosi perusahaan.
a.
Manfaat Media Sosial
Menurut
Puntoadi (2011:5) penggunaan sosial media berfungsi sebagai berikut:
1. Keunggulan membangun personal branding melalui media
sosial adalah tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audienslah yang
akan menentukan. Berbagai sosial media dapat menjadi media untuk orang
berkomunikasi, berdiskusi bahkan mendapatkan popularitas di sosial media.
(Puntoadi, 2011:6)
2. Sosial media memberikan kesempatan untuk berinteraksi
lebih dekat dengan konsumen, dapat menjadi media untuk membentuk komunitas online. Sosial media dapat menjadi
bagian keseluruhan e-marketing strategy
yang digabungkan melalui media sosial lainnya. Serta sebagai jalan menemukan
atau menciptakan para brand evangelist.
Sosial media memberikan peluang masuk komunitas yang telah ada sbelumnya dan
memberikan kesempatan mendapatkan feedback
secara langsung (Puntoadi, 2011 :21-31).
Media sosial merupakan
sarana penyampaian informasi baik antar orang dan kelompok berdasarkan
pengalamannya, dan dengan penggunaan sosial media dapat mempermudah proses
penyampaian informasi tersebutdalam waktu yang lebih cepat dan lebih personal.
b.
Macam-macam Media Sosial
Menurut
Kotler dan Keller (2012:568-570). Ada tiga plafon
utama untuk media sosial :
1. Online
Communitis And Forums
Komunitas online
dan forum datang dalam segala bentuk dan ukuran. Banyak yang dibuat oleh
pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa bunga komersial atau afiliasi
perusahaan. Sebagian disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi
dengan perusahaan dan dengan satu sama lain melaui posting, massaging, dan chatting
diskuti tentang minat khusus yang
berhubungan dngan produk perusahaan dan merek.
2. Blog
Ada tiga juta pengguna blog dan mereka sangat
bervariasi, beberapa pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, lainnya
dirancang untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
3. Social
Network
Jaringan sosial telah menjadi kekuatan penting baik dalam bisnis ke
konsumen dan pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya Facebook, Twitter, Blackberry Masseger, dll. Jaringan yang berbeda
menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.
Selain
itu, menurut Puntoadi (2011:34) beberapa media sosial adalah Bookmarking, Content Sharing, Wiki, Flickr,
Connecting, Creating-opinion, dan Blog.
1) Bookmarking
Berbagai alamat website
yang menurut pengguna bookmark sharing
menarik meinat mereka social bookmarking memberikan
kesempatan untuk share berbagai link dan tag yang mereka minati, hal ini
bertujuan agar lebih banyak orang yang menikmati apa yang kita sukai. Beberapa
contoh bookmarking site yakni, www.dig.com.
2) Content
Sharing
Melalui situs-situs ontent sharing orang-orang
menciptakan berbagai media dan publikasinya dengan tujuan berbagi kepada orang
lain. Youtube dan Filckr yang sering dikunjungi oleh
khalayak.
3)
Wiki
Beberapa situs wiki yeng memiliki karakteristik yang
berbeda seperti Wikipedia yang merupakan situs knowledge.
4)
Flickr
Flickr dapat dijadikan sebagai “photo catalog” bagi
produk yang ingin dipasarkan.
5)
Social Networking
Aktiviskan yang menggunakan berbagai fitur yang
disediakan oleh situs tertentuuntuk menjalin hubungan, interaksi dengan sesama.
Situs social networking adalah Facebook, MySpace, Linkedin.
6)
Creating-opinion
Media sosial yang memberikan sarana yang berbagi opini dengan orang lain
di seluruh dunia.
Berbagai jenis sosial media
yang biasa digunakan sebagai saran promosi, dapat menjangkau masyarakat luas.
c.
Keunggulan Media Sosial
Media
sosial memiliki kelebihan untuk bookmarking,
content and sharing, dan creating
opinion. Untuk jenis media soisal seperti instagram dapat menciptakan serta
menggerakan komunitas serta dapat menguji reaksi pasar.
Keunggulan lain dari berpromosi melalui instagram
adalah adanya fitur tag. Fitur ini membuat followers
memperoleh informasi tentang produk yang dipasarkan secara langsung.
d. Berikut ini 14 Tips Berinternet Secara Cerdas:
- Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.
- Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.
- Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.
- Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.
- Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.
- Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.
- Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.
- Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.
- Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.
- Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.
- Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.
- Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.
- Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.
- Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar